post-image

Mengenal Lebih Jauh Program Rumah Bakrie untuk Negeri

RUBI (Rumah Bakrie untuk Negeri) merupakan salah satu program Bakrie Amanah yang telah berjalan sejak tahun 2018. Rumah Bakrie untuk Negeri adalah program pemberian unit rumah kepada masyarakat penyintas bencana dan juga masyarakat tertinggal yang membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Sebagai tindak lanjut Bakrie Amanah menjadikan daerah pelaksanaan program RUBI ini menjadi salah satu wilayah binaan yang menjadi cikal bakal dibentuknya sebuah Kampung Makmur Bakrie dengan berbagai macam program terintegras.

 

Diawali dengan pembangunan di daerah penyintas bencana, Bakrie Amanah pertama kali membangun RUBI untuk masyarakat di Dusun Kopang Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara sebanyak 75 unit di tambah dengan 300 unit yang dibangun di Dusun Boyotan Proyek Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Program rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana gempa bumi yang dikelola langsung oleh Bakrie Amanah di fokuskan di Dusun Kopang Desa Medana. Pemilihan Dusun Kopang sebagai wilayah fokus program di karenakan wilayah dan kebutuhan infrastruktur yang akan dibangun dapat diwakili oleh wilayah Dusun Kopang.

 

Seperti yang pernah diungkapkan General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan dalam sebuah pertemuan bahwa program rekonstruksi dan rehabilitasi yang dibangun di Dusun Kopang Desa Medana oleh Bakrie Amanah tidak terbatas pada pembangunan RUBI saja, menyalurkan amanah dari Kelompok Bakrie telah dibangun kembali selain RUBI 1 (satu) unit PAUD, 1 (satu) unit Masjid, 1 (satu) unit Musholla, 1 (satu) unit Posyandu dan Balai Warga. Dengan dibangunnya unit pendukung fasilitas sosial dan fasilitas umum bagi warga Dusun Kopang Desa Medana pasca fase rehabilitasi dan rekontruksi Bakrie Amanah tetap memberikan kontribusi program kepada masyarakat berupa program - program kesehatan, program pemberdayaan masyarakat dan program sosial keagamaan yang terintegrasi dalam naungan Progam Kampung Makmur.

 

Selain di Kabupaten Lombok Utara, Rumah Bakrie untuk Negeri juga dibangun di Kabupaten Mamuju sebanyak 75 unit sebagai wilayah penyintas bencana dan 44 unit rumah di Kabupaten Sukabumi yang berkolaborasi dengan Baitulmaal Muamalat, Kabupaten  Lumajang sebanyak 31 unit yang juga wilayah penyintas bencana bersama dengan  Yatim Mandiri. Menariknya RUBI yang dibangun di Sukabumi tepat di Kec, Kadudampit bukan merupakan wilayah penyintas bencana melainkan wilayah pontensial untuk mengembangkan kemajuan masyarakat. 

 

Dalam pembangunan RUBI di Sukabumi ini dibangun dengan konsep cluster sehingga para penerima manfaat akan terintegrasi dengan mudah. Di dalam cluster ini juga dibangun lahan budidaya ikan dan juga lahan perkebunan. Nanti RUBI Sukabumi ini juga akan diadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di wilayah sekitar sehingga daerah cluster Rumah Bakrie untuk Negeri di Sukabumi akan menjadi pusat perekonomian dan pusat peningkatan terintegrasi untuk masyarakat - masyarakat di sekelilingnya