post-image

UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit

UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit

Bandung, 10 Juni 2021

Dibutuhkan mentor yg tepat, untuk keberlanjutan program pemberdayaan zakat. Pernyataan ini disampaikan oleh Setiadi Ihsan, General Manager Bakrie Amanah dalam acara bertajuk UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit yang diselenggarakan oleh Kadin Kota Bandung di Graha Kadin, Tegal Lega, Bandung (Kamis, 10/6).

Ihsan, demikian biasa disapa, lebih lanjut menjelaskan bahwa lembaga amil zakat, seperti Bakrie Amanah, mempunyai program pemberdayaan zakat dengan para mustahiq atau penerima zakat adalah para pengusaha mikro dan kecil yang membutuhkan mentor berpengalaman dalam upaya mereka untuk naik kelas.

"Inilah sinergi pertama antara dunia usaha yang diwadahi KADIN dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ)," tambahnya.

Sebelumnya, pada tanggal 9 Maret 2021, Anindya Bakrie selaku Dewan Pembina Bakrie Amanah menyerahkan bantuan modal bagi UMKM yang dibina oleh KADIN Jawa Barat.

Dalam kaitannya dengan penyerahan bantuan ini pula, Bakrie Amanah hadir dalam diskusi di atas.

Dalam diskusi yang diiinisiasi oleh Kadin Kota Bandung ini dihadiri oleh sejumlah pengurus Kadin Indonesia, Kadin Jawa Barat, Kadin Kota Bandung, Ketua Umum Oke Oce Indonesia dan pengusaha UMKM yang dibina oleh Kadin Kota Bandung.

Sinergi berikutnya, masih menurut Ihsan adalah bagaimana pengembangan UMKN berbasis komoditas di setiap daerah dapat melejit naik kelas ketika KADIN yang mempunyai data base UMKM berbasis usaha komoditas unggulan daerah dapat disinergikan dengan pemberdayaan zakat yang dilakukan oleh LAZ di setiap daerah.

"Dalam wadah KADIN pastinya tersedia basis data yang kuat mengenai komoditas unggulan daerah, selain banyak pengusaha sukses yang dapat melakukan kegiatan mentoring kepada UMKM dalam program pemberdayaan zakat yqng saat ini sedang digalakan oleh sejumlah Organisasi Pengelola Zakat," jelas Ihsan.

#bakrie #bakrieamanah #kadinkotabandung #umkm #kemitraanuntuknegeri